mengatasi cegukan pada bayi
(Gambar : pixabay.com)

Mengatasi Cegukan pada Bayi Secara Efektif

By - On 17 February 2017 - Categories : Kesehatan

Cegukan pada bayi dapat terjadi karena beberapa hal. Secara sederhana, cegukan mirip dengan tersedak hanya berlangsung lebih lama. Untuk mengatasi cegukan pada bayi, ibu harus sigap dan tepat. Kadang ibu merasa panik ketika cegukan terjadi. Secara medis, cegukan tidak berbahaya, tetapi jika berlangsung lama akan mengganggu bayi. Proses untuk mengatasinya dijelaskan sebagai berikut

  1. Atur posisi setelah menyusui

Penyebab cegukan yang umum adalah bayi yang menyusui secara terus menerus. Rongga pada tenggorakan akan terganggu sehingga cegukan tidak dapat dihindari. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menegakkan posisi bayi setelah menyusui. Ketika ibu melihat tanda-tanda cegukan, segera mengatur bayi agar tegak. Posisi ini memberikan ruang cukup agar epiglotis lebih fleksibel. Air susu yang masuk ke kerongkongan tidak masuk ke tenggorokan.

  1. Berikan sesuatu untuk dihisap

Cara kedua untuk mengatasi cegukan pada bayi adalah memberikan bayi sesuatu untuk dihisap. Jika bayi tetap minum asi, ada kemungkinan untuk membebani rongga mulut dan pernapasan. Oleh karena itu, berilah sesuatu untuknya agar mulut tetap menghisap tanpa ada cairan atau makanan yang masuk. Cara alami ini cukup efektif ketika bayi merasa tidak nyaman dengan cegukannya dan mulai menangis.

  1. Biarkan bersendawa

Bersendawa berarti memberikan kebebasan pada rongga diafragma dan paru-paru. Jika cegukan muncul, usahakan untuk membuat bayi bersendawa. Cara ini memang cukup riskan karena bayi akan terus menyusui, tetapi atur posisinya agar sedikit lebih tegak. Posisi tersebut akan memperlancar asupan ke bayi sehingga tidak ada yang terbuang atau masuk ke tenggorokan. Ketika bayi sudah bersendawa, hentikan sejenak untuk memberi ruang agar tubuh menjadi stabil.

  1. Udara hangat

Bayi dapat menjadi lebih tenang ketika berada di area hangat. Jika terjadi sendawa, bawa ia ke ruang hangat. Udara yang hangat sangat membantu untuk menjaga kesehatan pernapasan. Gangguan cegukan terkait dengan pernapasan yang bermasalah. Bayi akan menghirup udara secara bebas dan tidak terhambat. Tentu saja, ibu harus memastikan ia berada di ruang yang bersih. Selain itu, udara bebas dan segar juga sangat membantu untuk mengatasi cegukan pada bayi.

Leave a Reply

Leave a Response