Mengatasi biang keringat
(Gambar : pixabay.com)

Mengatasi Biang Keringat Secara Alami

By - On 7 February 2017 - Categories : Kesehatan

Biang keringat sering membuat kulit gatal dan iritasi. Hal tersebut tentu saja membuat tidak nyaman dan ingin menggaruk terus-menerus. Untuk mengatasi biang keringat secara alami, Anda bisa mencoba dengan es batu dan beberapa bahan herbal lain.

  1. Es batu

Caranya cukup mudah, ambil es batu secukupnya dan gosok pada kulit yang mengalami ruam merah. Anda bisa menggunakan sarung tangan, apabila tidak kuat memegang es yang dingin. Es ini bisa membantu mengurangi rasa gatal pada kulit yang terkena biang keringat. Cara murah ini pun bisa menghilangkan bintik atau ruam merah secara perlahan. Sebaiknya gunakan es batu yang bersih dan bukan es bekas dari minuman manis.

  1. Madu

Selain es batu, biang keringat juga bisa diatasi dengan olesan madu. Cairan yang dihasilkan lebah tersebut memang memiliki banyak khasiat. Madu bisa dimanfaatkan untuk berbagai pengobatan. Tidak terkecuali sebagai obat alami untuk mengatasi biang keringat yang membandel. Oles madu secukupnya ke bagian yang gatal. Sebaiknya sebelum dioles, kulit Anda sudah dibersihkan dengan air terlebih dulu. Setelah dioles, biarkan selama kurang lebih 1 hingga 2 menit atau sampai madu menjadi kering. Jangan digaruk walaupun Anda merasa gatal. Biarkan madu meresap ke kulit untuk membersihkan infeksi bakteri yang ada. Kemudian Anda dapat membilasnya dengan menggunakan air hangat.

  1. Lidah buaya

Bahan herbal lain yang dapat membantu meredakan gatal karena biang keringat adalah lidah buaya, Tanaman yang dikenal dengan gel yang banyak khasiat tersebut bisa menjadi obat untuk biang keringat. Sama seperti madu, caranya mudah cukup dengan mengolesnya ke kulit. Bahan alami yang juga dimanfaatkan dalam produk kecantikan tersebut bisa memberikan sensasi dingin di kulit. Anda bisa memotong batangnya dan oleskan ujung yang memiliki gel ke kulit yang gatal. Biarkan gel lidah buaya meresap dan kering di kulit Anda yang mengalami ruam. Setelah 15 atau 20 menit, Anda bisa membilasnya. Gunakan air hangat untuk mematikan bakteri dan meredakan rasa gatal. Jika belum sembuh, Anda bisa melakukan lagi 2 sampai 3 kali sehari sampai biang keringat reda. Mengatasi biang keringat mudahnya adalah dengan menjaga kebersihan kulit, terutama jika kulit Anda sering berminyak.

Leave a Reply

Leave a Response