gejala demam berdarah
(Gambar : pxhere.com)

Gejala Demam Berdarah yang Perlu Diwaspadai

By - On 1 February 2017 - Categories : Kesehatan

Penyakit demam berdarah dengue atau DBD sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Gejala yang ditimbulkannya pun cukup khas yakni demam selama beberapa hari. Cukup penting untuk bisa mengenali gejala demam berdarah. Apalagi untuk gejala awalnya yang sulit dibedakan dengan demam biasa. Selain demam dan ruam, orang yang terserang virus dengue juga memiliki gejala lain seperti kepala yang terasa berat.

Gejala pada fase I

Penyakit yang sering disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti ini terbagi dalam 3 fase. Fase demam menjadi fase paling pertama yang bisa terjadi selama 3-4 hari. Jika ada yang demam selama itu atau lebih, maka sebaiknya segera dibawa ke dokter. Terlebih lagi jika demam disertai dengan nyeri yang merupakan salah satu gejala demam berdarah. Tubuh yang sudah terserang virus aedes dapat merasa nyeri pada otot atau pun sendi. Selain itu, penderita DBD juga bisa mengalami gejala berupa hilangnya nafsu makan. Jika demam, mual, muntah, dan nafsu makan menurun, maka perlu diwaspadai sebagai demam berdarah. Penting untuk menjaga minum agar tubuh tidak mengalami dehidrasi saat demam.

Gejala pada fase II

Setelah fase demam adalah fase kritis yang bisa terjadi selama 2 hari. Pada fase ini gejala demam mereda dan sering dianggap sudah sembuh. Padahal demam turun merupakan tanda masuk fase kritis. Pada fase ini, pasien DBD bisa mengalami gejala lain yaitu mimisan. Hidung berdarah dapat terjadi pada penderita DBD karena mengalami pecahnya pembuluh darah. Pada fase kritis pasien harus segera ditangani oleh dokter atau tim medis.

Gejala pada fase III

Pada kasus DBD, memang penderita bisa mengalami demam dengan suhu tubuh yang dapat mencapai 41 derajat celcius. Pasien demam berdarah sering kali terlambat dibawa ke dokter karena menganggap demam sebagai penyakit flu biasa. Untuk gejala DBD, biasanya selain demam juga dibarengi dengan munculnya ruam atau bintik merah di kulit. Jika sudah berakhir, penderita DBD memasuki fase penyembuhan. Fase ketiga ini ditandai dengan gejala demam berdarah yang mereda. Suhu tubuh kembali normal, ruam di kulit menghilang, pendarahan berhenti, dan kembalinya nafsu makan.

Artikel Kesehatan - Gejala Demam Berdarah yang Perlu Diwaspadai, is Posted Under Tags: , , , , , , , By admin | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response